02 Februari 2009

Buku Pinter Tasawuf


A


'ABD
Hamba, budak. Dalam istilah keagamaan menunjukkan arti menyembah (Tuhan); dan lebih umum lagi adalah makhluk yang bergantung pada Tuhannya (Rabb).

'AHD
`Ahd adalah janji murid terhadap syeikh untuk tidak berbuat maksiat yang dilarangya.

'AIN, AL-
Al-'ain berarti hakikat, penentuan pertama, mata, sumber, al-'ain ats-tsabitah, atau kadang-kadang disingkat secara sederhana al-'ain, hakikat yang kekal, pola dasar atau kemungkinan dasar suatu wujud atau benda, (jamaknya: al-a'ayan).

'AIN QALB, AL-
'Ain al-Qalb berarti 'mata-hati', organ intuisi intelektual (lihat juga: bashirah).

`ALAM AJSAM, AL-
`Alam al-Ajsam adalah dunia jasmani.

`ALAM ARWAH, AL-
`Alam al-arwah adalah "dunia roh (murni)", dibedakan dengan 'alam al-mitsal, "dunia kiasan" yang merupakan manifestasi formal dari suatu keseluruhan termasuk dunia psikis dan fisik.

'ALAM AL-HISS WA AL-SYAHADAH
'Alam al-hiss wa al-syahadah berarti alam kasat mata, alam yang bisa diindera dengan panca indera manusia.

`ALAM MALAKUT
`Alam malakut berarti alam para malaikat, yakni alam tempat qalb berdialog dengan Tuhannya. Alam malakut juga disebut alam atas (al-'âlam al-'alawî), alam ruhani (al-'âlam al-rûhanî) dan alam nurani (alam cahaya). Bagi para nabi, apabila mi'raj (kenaikan) mereka telah mencapai alam malakut, maka mereka telah sampai ke tempat pencapaian terakhir, dan dapat menyaksikan sejumlah fenomena alam ghaib. Menurut kaum sufi, misalnya al-Ghazali, barangsiapa yang berada di alam malakut pada hakekatnya ia berada di sisi Allah yang di tangan-Nya tergenggam semua kunci gaib. Yakni, hanya dari sisi-Nya semua penyebab adanya maujudat di alam syahadah ini diturunkan, dengan perkenan-Nya. Sebab alam syahadah adalah dihasilkan atau akibat dari alam malakut, seperti halnya bayang-bayang dari seseorang atau buah dari pohon yang berbuah, atau akibat dari suatu sebab. Maka dari itu, kunci-kunci pengetahuan tentang "akibat" ialah pengetahuan tentang "sebab" yang menimbulkannya. Berdasarkan hal itu, alam syahadah adalah misal (contoh) dari alam malakut.
Alam malakut merupakan rahasia gaib yang tidak tampak oleh pandangan mata karena hanya dapat ditangkap dengan ketajaman khusus, yaitu pandangan batin, dan ia juga tiada batas penghabisannya. Betul memang, yang nampak oleh hati itu hanyalah kadar yang terbatas, tetapi pada dirinya dan dengan dihubungkan kepada ilmu Allah, maka yang demikian itu tiada batas penghabisan baginya (Al-Ghazali, Ihyâ', Jilid III:14).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar